Rusia Siap Bantu Indonesia Bangun Ibu Kota Negara

Pembangunan Ibu Kota Negara atau IKN baru di Kalimantan Utara sudah resmi dimulai sejak Maret lalu.Desain dari kotanya sendiri sudah pernah digabikan kepada masyarakat pada Januari awal tahun ini.

Baru-baru ini, Rusia menyatakan bahwa pihak mereka siap untuk membantu Indonesia dalam usaha pembangunan Ibu Kota Negara yang baru. Niat baik ini disampaikan lewat cuitan Kedutaan Besar Rusia untuk Indonesia di akun twitter resmi mereka, Selasa (24/5/2022) kemarin.

https://twitter.com/RusEmbJakarta/status/1528956816331157505

Baca juga: Rusia Punya Zadira, Senjata Laser yang Musnahkan Musuh Jarak 5 Km

Dalam cuitannya itu, Kedutaan Besar Rusia menuliskan, “Kami bersedia membagi pengalaman dan teknologi Rusia untuk merealisasikan rencana pemerintah Indonesia membangun Ibu kota baru di KalTim – Kata Maxim Reshetnikov. Beliau juga menyatakan bahwa pihak Rusia akan memberikan semua dukungannya untuk menyukseskan acara dalam rangka G20.”

Foto: TASS

Maxim Reshetnikov sendiri adalah Menteri Pengembangan Ekonomi Federasi Rusia yang ternyata telah bertemu dengan Menteri Perdagangan Republik Indoesia, Muhammad Lutfi, di sela-sela acara Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) yang diselenggarakan di Thailand pada Minggu (22/5/2022) lalu.

Selain membahas keterbukaan Rusia dalam membagi pengalaman dan ilmu pengetahuan mereka, Rusia dan Indonesia juga membahas kemungkinan peningkatan kerja sama bilateral di bidang pertanian, energi dan pariwisata antara kedua negara.

Rusia sendiri memang salah satu ahlinya di bidang teknologi. Teknologi buatan mereka yang kini banyak dipakai di seluruh dunia salah satunya adalah teknik pengelasan. Oleh karena itu, niatan baik Rusia ini harusnya diterima dengan baik pula agar pengembangan teknologi untuk Ibu Kota Negara yang baru dapat dilakukan dan diselesaikan dengan maksimal.

(AR)