Sebuah Klub Sepak Bola di Inggris Mulai Menerima Pembayaran Lewat Bitcoin

 Adopsi penggunaan cryptocurrency meningkat drastis di dunia belakangan ini, tak terkecuali di dunia sepak bola. Baru-baru ini, salah satu klub sepak bola profesional Inggris, Oxford City FC telah mengumumkan bahwa mereka akan menerima pembayaran Bitcoin (BTC) untuk pembelian tiket musim depan. Pembelian dengan Bitcoin ini akan mulai diimplementasikan pada tanggal 6 Agustus waktu Inggris. Pembayaran akan diterima pertama kali pada pertandingan pembuka National League South (6/8) melawan Eastbourne Borough.

Oxford City Football Club bermain di tingkat keenam sepak bola Inggris, National League South. Sebagai bagian dari kesepakatan antara CoinCorner dan The Hoops, nama panggilan dari klub Oxford City. Nantinya, akan muncul logo BTC di bagian belakang jersey klub Oxford City untuk musim kali ini. Pembayaran tiket menggunakan BTC ini merupakan hasil kerjasama klub dengan CoinCorner, sebuah perusahaan pertukaran kripto yang beroperasi di Inggris. Tidak hanya untuk membeli tiket, para penggemar klub juga akan dapat menggunakan Bitcoin untuk membeli makanan dan minuman di stadion RAW Charging, kandang dari Oxford City.

Foto: Cointelegraph

Dilansir dari CoinSpeaker, klub sepak bola profesional Inggris ini juga menambahkan bahwa  para penggemar juga dapat membeli makanan dan minuman di RAW Charging Stadium dengan Bitcoin melalui platform CoinCorner Bolt Card, yang telah ditandai sebagai kartu Bitcoin Lightning contactless pertama di dunia. Namun, Oxford City juga menyediakan alternatif metode pembayaran lama seperti kartu debit dan metode tunai. Bolt Cards bermerek Oxford City FC juga telah diproduksi oleh CoinCorner dalam jumlah terbatas untuk memperingati kemitraan dan tersedia untuk dibeli di toko klub.

Justin Merritt, sang direktur klub dari Oxford City mengatakan bahwa mereka mencoba untuk merangkul teknologi untuk memastikan Oxford City FC dapat terus beroperasi sebagai klub yang mandiri dan terus sustain untuk mewujudkan tujuan jangka panjang mereka. Sang direktur klub ini juga percaya pada metode pembayaran melalui Bitcoin akan menjadi normal baru dalam sepak bola, terutama di Inggris. Direktur klub sepak bola dari Oxford City FC, Justin Merritt juga menyatakan bahwa lebih dari 3,3 juta orang yang tinggal di Inggris sekarang memiliki Bitcoin, sebuah angka yang telah meningkat sekitar satu juta sejak tahun lalu.

Baca juga: Mengenal Cryptocurrency, Untung atau Buntung?

Danny Scott, CEO CoinCorner, juga membuat sebuah pernyataan yang menggambarkan Oxford City FC sebagai “pengadopsi pertama dari pembayaran Bitcoin di Liga Nasional”. Danny Scott juga menambahkan bahwa kedua organisasi tersebut adalah bisnis yang inovatif dan berpikiran maju, yang akan menghasilkan kemitraan yang sempurna di kemudian hari. Danny Scott juga percaya bahwa langkah yang dilakukan ini akan menetapkan tren di sepak bola non-liga dan liga karena mata uang digital untuk menetapkan diri mereka sebagai bagian dari new normal, terutama bagi para penggemar olahraga dan sepak bola di Inggris.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa ide pembayaran dengan crypto masih asing bagi beberapa kalangan. Namun, sejak peluncuran The Bolt Card, para penggemar akan mendapatkan pengalaman baru dalam bertransaksi. Karena pembayaran dengan cryptocurrency akan dirasa lebih cepat dan mudah digunakan untuk semua orang. Perlu diketahui bahwa Oxford City FC bukanlah klub pertama yang menerima pembelian tiket pertandingan dengan Bitcoin. Sebelumnya, klub papan atas Liga Brasil, Sao Paulo FC telah melakukan hal yang sama setelah menjalin kemitraan dengan perusahaan pertukaran crypto, Bitso.

(aks)