Selain nikmat, Makanan Khas Manggarai Ini Baik untuk Kesehatan

Klikhijau.com – Selain memiliki Alam yang indah nan subur, Kabupaten Manggarai juga memiliki makanan khas yang diwariskan secara turun temurun. Selain nikmat makanan khas Manggarai juga bermanfaat untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Berikut ini beberapa jenis makanan khas Manggarai yang menarik dicoba. Selain enak dan kaya akan bahan baku lokal, makanan ini juga diyakini mengandung bahan-bahan berkhasiat untuk kesehatan. Yuk, kita simak!

Jagung Bose

jagung
Makanan pengganti nasi asli NTT yakni Jagung Bose. (Foto: Grid.id)

Jagung (lating) bose bisa kamu temukan di seluruh wilayah NTT, termasuk Manggarai. Dari asal usul nama, jagung bose memiliki arti jagung yang dilunakkan. Pembuatannya pun cukup panjang.

Biji jagung terlebih dahulu ditumbuk menggunakan lesung, kemudian dicampur dengan air. Setelah terkelupas, barulah jagung siap dimasak.

Biasanya jagung dimasak dengan kacang merah agar kuah jagung nantinya menampakkan warna yang menarik. Kuah jagung bose terbuat dari santan yang sudah melewati tiga kali peras.

Biji jagung yang sudah di tumbuk bisa diolah bersama dengan kacang hijau dan kacang tanah atau daging se’i.

Jagung bose ternyata makanan yang satu ini mengandung karbohidrat yang bisa dijadikan pengganti nasi. Makanan ini cocok untuk mereka yang sedang melaksanakan program diet.

Salah satu yang menjual bubur jagung bose ini ada di Rumah Makan Green Garden House di Jalan Amabi-Tofa, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Harganya mulai dari Rp15-20 ribu dan buka setiap hari pukul 08.00 WITA sampai 21.00 WITA.

Rebok

manggarai
Rebok khas NTT cocok buat si kecil yang belum bisa makan nasi nih. (Foto: lifestyle okezone)

Salah satu cemilan khas Manggarai yakni Rebok. Rebok adalah cemilan yang terbuat beras (tepung Dea), tepung jagung (tepung patung), kelapa parut (Nio Parut) dan gula aren. Rasanya manis dan sedikit gurih dari kelapa parutnya.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Kelapa dan tepung beras dicampur lalu dioseng sampai warna krem, setelah itu dicampur dengan gula merah dan siap disajikan. Berhubung proses pembuatannya cukup mudah, bisa dilakukan di rumah.

Sombu

manggarai
Jajanan sombu yang satu ini bikin ngiler deh. (Foto: Candana News)

Sombu merupakan kue khas Manggarai. Bahannya dari singkong yang dikeringkan dan dihancurkan menjadi tepung.

Tepung singkong dicampur dengan parutan kelapa dan gula merah.Setelah diaduk merata kemudian dikukus di bambu yang itenpatkan di atas periuk dari tanah liat (lewing tanah) dan bambu (tobong).

Potongan bambu yang telah berisi tepung singkong diletakkan di mulut periuk. Uap air panas dari periuk tanah masuk ke lubang-lubang kecil di dasar bambu.Nanti setelah Sombu matang langsung segera dipotong memakai benang berbentuk bulat dan ceper. Sombo bisa disajikan dengan ikan bakar, ikan kering.

Ute Lomak

Pelengkap makanan pokok ala orang Manggarai adalah sayur lomak. Sayur (ute) lomak terbuat dari daun singkong dan pepaya yang direbus dan dicampur potongan bawang merah, bawang putih, penyedap rasa, kelapa parut. Agar sayur lomak menjadi semakin lezat bisa ditambahkan ikan asin sebagai sajian pelengkapnya.

Utes Saung Ndusuk

Ute Saung Ndusuk atau Sayur Daun Senggani. Daun ndusuk ini begitu banyak di daerah Manggarai bahkan menjadi tumbuhan liar. Cara membuatnya biasanya direbus bersama lemak daging.

Ute saung Ndusuk ini adalah jenis hidangan langka. Bahkan orang Manggarai tak sering mencicipinya. Ute Saung Ndusuk ini biasa di sajikan saat pesta adat saja.

Sajian yang satu ini selain nikmat, juga kaya manfaat. Saung Ndusuk diyakini bisa mengatasi gangguan pencernaan (dispepsi), disentri basiler, diare, kolestrol, gula darah, hepatitis, Keputihan, sariawan, haid berlebihan, wasir darah, Pendarahan rahim, berak darah dan masih banyak lagi.

Kompiang

Kompiang merupakan roti lokal orang Manggarai. Roti khas Manggarai ini berbentuk bulat batau oval dan memiliki warna kecoklatan dengan taburan wijen di atasnya. Kompiang merupakan adaptasi dari roti khas Tionghoa yang mulanya hanya disajikan pada acara keluarga, namun sekarang menjadi oleh-oleh khas Manggarai.

Kompiang ini terbuat dari campuran tepung terigu, mentega, garam, minyak goreng, ragi, dan wijen, keseluruhan bahan dicampur dengan air. Membuat kompiang cukup lama sebab membutuhkan waktu hingga 12 jam untuk menyiapkan adonannya saja.

Kompiang yang paling legendaris adalah Kompiang Tarzan di kawasan patung Kristus Raja, jalan katedral, Ruteng. Lalu ada pula Kompiang Baba Cong, tepatnya di Jalan Pasar Puni di kota yang sama. Ada dua varian rasa yakni kompiang biasa yang harganya Rp 1.000 dan Kompiang isi daging babi Rp 6.000.

[irp

The post Selain nikmat, Makanan Khas Manggarai Ini Baik untuk Kesehatan appeared first on Klik Hijau.