Sempat Viral, Kini Akun Elon Musk KW Diblokir di Medsos China

 Beberapa waktu lalu viral beredar sebuah video di Facebook yang menampilkan seorang pria asal China dengan tampang persis seperti Elon Musk.

“Elon Musk: China takkan pernah bisa meniru Tesla!”

“China: … (menampilkan seseorang yang justru bagaikan tiruan Elon Musk sang bos Tesla)”

Video tersebut menyiratkan bahwa China sebagai negara tempat banyak produk diproduksi, akan sangat mudah menemukan produk apa pun di China, termasuk barang tiruan dari merek-merek terkenal.

Namun, beberapa waktu setelah viralnya video sang Elon Musk KW yang memiliki nama panggung Yilong Ma tersebut, kini dirinya justru harus ‘kehilangan’ akun media sosial miliknya.

Dua akun media sosial Yilong Ma, yakni di TikTok versi China, Douyin, dan Twitter versi China, Weibo, sama-sama di-suspend oleh pemilik platform.

Akibatnya, Elon Musk KW tersebut tidak bisa eksis di Douyin maupun Weibo. Bahkan, semua postingan Yilong Ma di Douyin telah dihapus.

Sedangkan di akun Weibo, terdapat notifikasi pembatasan konten karena dinilai melanggar kebijakan platform. Namun tidak dijelaskan secara spesifik aturan apa yang dilanggarnya.

Baca juga: CEO Tesla Elon Musk Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual Pramugari

Sementara itu, baik Douyin maupun Weibo belum merespon pemblokiran akun medsos Elon Musk KW ini. Begitu juga dengan Yilong Ma, belum memberikan informasi lebih lanjut mengenai nasib akunnya di Douyin dan Weibo.

Setelah ‘kehilangan’ akun di dua media sosial terbesar di China tersebut, kini Yilong Ma hanya memiliki akun di TikTok versi internasional dengan nama “Elong Musk” dengan lebih 239 ribu pengikut dan 3,9 juta orang yang meyukai videonya.

“Semua akun platform saya dilaporkan, saya hanya punya TikTok. I love you,” tulis Ma di deskripsi akun TikTok miliknya.

Sebagaimana diketahui, Yilong Ma pertama kali viral pada November 2020 lalu. Ketika itu ramai netizen yang kaget sekaligus terkesima ada orang yang memiliki sangat mirip dengan bos SpaceX Elon Musk.

Baca juga: CEO Tesla Cabul? Ini Kata Elon Musk Terkait Pelecehan Pramugari

Berkat kemiripan wajah tersebut, Ma jadi terkenal di medsos dan sering jadi bahan bercandaan di jejaring sosial. Bahkan, kabar adanya ‘kembaran’ Elon Musk tersebut juga sampai ke sang Elon Musk asli. Ia pun mengungkapkan keinginannya untuk bertemu langsung dengan Yilong Ma.

“Saya ingin bertemu orang ini (jika dia nyata). Sulit untuk mengatakan dengan deepfake yang heboh akhir-akhir ini,” cuit Musk.

(dwk)