Seriawan dan 7 Cara Alami untuk Mengatasinya

Memiliki seriawan di dalam mulut memang terasa begitu menyakitkan. Kondisi ini memang tidak membahayakan, namun rasa sakit yang disebabkan olehnya dapat mengganggu keseharian kita. Penyakit ini dapat menyulitkan para penderitanya untuk mengunyah, menelan makanan, bahkan sekadar untuk berbicara.

Meskipun mengganggu dan terasa menyakitkan, Sobat Greeners tidak perlu khawatir karena penyakit yang satu ini dapat sembuh dengan sendirinya. Namun sayang, proses penyembuhannya rata-rata memakan waktu yang tidak sebentar. Agar penyakit ini dapat hilang lebih cepat dari rongga mulut, kita dapat mencoba untuk mengatasinya dengan tujuh cara alami ini.

1. Atasi Seriawan dengan Daun Saga Rambat

Sejak jaman dahulu, daun saga rambat sudah dikenal akan khasiatnya yang bermanfaat bagi kesehatan mulut. Berbagai permasalahan kesehatan rongga mulut dapat teratasi dengan mengonsumsi daun berukuran kecil ini, termasuk seriawan. Sebuah studi pada tahun 2017 menemukan bahwa daun saga rambat memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, antiseptik dan astringen.

Untuk mengatasi permasalahan kesehatan ini dengan daun saga rambat, cukup ambil daun saga secukupnya, kunyah, lalu berkumurlah setelahnya dengan air bersih. Lakukan dua kali dalam sehari. Namun sebelumnya, pastikan daun saga yang akan kita gunakan sudah dicuci dan dibersihkan terlebih dahulu.

2. Hilangkan Seriawan dengan Garam

Salah satu cara populer untuk mengatasi seriawan yakni dengan berkumur menggunakan air larutan garam. Cukup larutkan satu sendok teh garam ke dalam setengah cangkir air hangat. Aduk hingga garam larut sepenuhnya, lalu berkumurlah dengan larutan tersebut selama 30 detik. Ulangi sesuai kebutuhan dalam beberapa jam.

3. Atasi dengan Madu

Sebuah studi pada tahun 2014 menunjukkan bahwa madu dapat mengurangi nyeri pada seriawan secara efektif. Selain itu, madu juga dapat meredakan kemerahan dan peradangan yang terjadi dalam rongga mulut.

Mengobati seriawan dengan madu dapat kita lakukan dengan cara yang sangat mudah. Cukup oleskan madu pada bagian mulut yang bermasalah, lakukan sebanyak empat kali dalam sehari.

4. Tumpas Seriawan dengan Yoghurt

Yogurt mengandung bakteri baik Lactobacillus yang dapat membantu membasmi bakteri penyebab seriawan. Untuk menyembuhkan penyakit ini dengan yogurt, cukup minum satu cangkir yogurt sehari.

5. Hilangkan dengan Minyak Kelapa

Selain dapat kita gunakan untuk memasak, minyak kelapa juga dapat kita gunakan untuk mengatasi seriawan yang membandel. Sebuah riset menunjukkan bahwa minyak kelapa memiliki sifat antimikroba karena mengandung asam laurat dalam jumlah yang tinggi. Kandungan tersebut dapat membantu mengobati seriawan dan mencegahnya untuk menyebar. Selain itu, minyak kelapa juga bersifat anti-inflamasi.

Untuk menggunakannya, cukup oleskan minyak kelapa pada bagian mulut yang bermasalah. Lakukan sebanyak empat kali dalam sehari.

6. Atasi dengan Teh Kamomil

Teh kamomil mengandung senyawa dengan kemampuan anti-inflamasi dan antiseptik, yakni azulene dan levomenol. Kedua senyawa tersebut terbukti dapat mengobati seriawan yang meradang.

Untuk mengatasi seriawan dengan teh kamomil, kompres bagian mulut yang bermasalah dengan kantong teh kamomil yang sudah dibasahi. Setelah itu, biarkan selama beberapa menit. Lakukan sebanyak tiga hingga empat kali sehari.

7. Berkumur dengan Larutan Air dan Soda Kue

Soda kue terbukti dapat mengembalikan keseimbangan pH dalam mulut dan dapat mengurangi peradangan. Berkumur dengan larutan air dan soda kue dapat membantu meredakan seriawan yang nyeri dan meradang.

Jika kondisimu tidak kunjung membaik, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Penulis: Anggi R. Firdhani

Sumber:

Healthline