Spesifikasi Laptop Dell G15 Ryzen Edition, Simak Selengkapnya!

spesifikasi laptop Dell G15 Ryzen Edition

Teknovidia.com Spesifikasi Laptop Dell G15 Ryzen Edition – Dell G15 Ryzen Edition (2021) memiliki desain yang tangguh, masa pakai baterai yang fantastis, dan harga yang terjangkau, jadi ini adalah pilihan yang ideal. Namun masih sulit untuk direkomendasikan karena Anda dapat menemukan laptop gaming pesaing dengan daya lebih besar, desain lebih ramping/ringan, dan layar dengan kecepatan dan dampak lebih besar.

Dell G15 Ryzen Edition (5515) sepertinya merupakan salah satu penawaran laptop gaming terbaik saat ini – setidaknya di atas kertas.

Dell langsung mengesankan, tetapi itu bukan satu-satunya notebook gaming yang terjangkau. Jika Anda ingin membelanjakan uang tunai dalam jumlah yang sama, pertimbangkan MSI Katana GF66, yang memasangkan RTX 3060 dan Core i7-11800H.

Spesifikasi Laptop Dell G15 Ryzen Edition

Berikut merupakan ulasan spesifikasi dari laptop Dell G15 Ryzen Edition yang bisa anda ketahui. Simak selengkapnya!

Desain dan keyboard

Dell G15 Ryzen Edition mungkin terjangkau, tetapi masih merupakan salah satu laptop gaming paling berani yang dapat Anda beli. Ini didominasi oleh warna terang yang disebut Dell Phantom Grey, dan diakhiri dengan pola berbintik-bintik yang lebih gelap. Di bagian lain, engsel dan bagian belakang lebih tebal dan lebih gelap, dan ada logo G oranye di sandaran tangan dan sudut.

Dell menonjol jika dibandingkan dengan para pesaingnya: Lenovo yang cerdas dan halus, sedangkan MSI gelap dan ketinggalan zaman. Dell juga memiliki kualitas bangunan yang mengesankan – cukup kuat untuk dibawa dalam tas.

Mesin Dell mungkin terlihat bagus, tetapi tidak ramping atau ringan. Beratnya 2,44kg dan bodinya setebal 26,9mm, dan bagian belakang yang besar dan kuat itu berarti kedalamannya juga 273mm. Itu membuatnya lebih besar dari kedua saingannya, meskipun tidak dalam jumlah yang besar. MSI lebih kecil dari Dell dan Lenovo.

Dalam spesifikasi laptop Dell G15 Ryzen Edition, memiliki konektivitas biasa-biasa saja di sekitar sasisnya yang besar dan kuat juga. Ada satu port USB 3.2 Gen 1 dan konektor USB-C yang mendukung DisplayPort, tetapi dua port USB ukuran penuh tambahannya menggunakan standar USB 2.0 yang lebih lambat, dan tidak ada pembaca kartu dan tidak ada dukungan Windows Hello di webcam. Di bagian dalam ada dual-band WiFi 6, Bluetooth dan Gigabit Ethernet, yang baik-baik saja. Lenovo jauh lebih baik untuk konektivitas: dilengkapi dengan port USB yang lebih cepat.

Dell melawan balik dengan keyboardnya. Tata letaknya bagus, dengan tombol kembali tinggi ganda dan papan angka. Tindakan mengetiknya tajam dan cepat, dan dasar laptop yang kokoh memberi keyboard G15 kekencangan yang menyenangkan. Keyboard sangat ideal untuk bermain game, dan sama menyenangkannya dengan unit di Lenovo.

Keyboard tidak memiliki lampu latar LED RGB, yang mengecewakan, dan trackpad underwhelms: kecil dan lembut. Mouse USB diperlukan untuk permainan yang bagus. Speakernya juga kurus – hampir seluruhnya bebas dari bass dan suara high-end nyaring. Anda dapat bertahan dalam situasi permainan kasual, tetapi headset atau set speaker eksternal akan lebih memuaskan.

Layar

Kecepatan refresh 120Hz biasa-biasa saja, tetapi bagus untuk game sehari-hari. Layar 15.6in Dell G15 Ryzen Edition memiliki resolusi 1920 x 1080, yang ideal untuk bermain game di GPU ini, tetapi hanya memiliki kecepatan refresh 120Hz. Itu dapat diterima untuk game mainstream, tetapi laptop MSI dan Lenovo masing-masing duduk di 144Hz dan 165Hz. Anda akan mendapatkan permainan yang lebih cepat dan lebih lancar di kedua panel, dan kecepatan tersebut lebih cocok untuk eSports.

Atribut terbaik layar adalah kontrasnya. Titik hitam 0,19 nits rendah dan berkontribusi pada rasio kontras 1300:1. Itu luar biasa untuk panel IPS, dan itu berarti bahwa gambar memiliki banyak kedalaman dan banyak pukulan. Suhu warna 6352K bagus, dan tidak membuat gambar terlihat terlalu jenuh atau pucat.

Delta E 4,88 biasa-biasa saja, dan spesifikasi laptop Dell G15 Ryzen Edition hanya menampilkan 59,6% dari gamut warna sRGB. Jadi, meskipun panel ini memiliki kedalaman dan pukulan yang kuat, panel ini tidak menghasilkan susunan warna yang sangat luas.

Itu bukan hasil yang merusak, tetapi Dell tidak membuat game terlihat terbaik – game yang lebih berwarna akan menderita. Anda dapat memainkan game mainstream di panel ini tanpa masalah, dan tidak ada saingan yang lebih baik. Pada akhirnya, Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan peningkatan kualitas yang besar.

Performa

RTX 3060 Dell G15 Ryzen Edition berjalan pada tingkat daya 125W, yang merupakan salah satu TDP terbaik yang tersedia untuk GPU ini. Di tempat lain, ia memiliki memori 6GB biasa dan prosesor aliran 3840. Prosesor AMD Ryzen 7 5800H juga bagus: ia memiliki arsitektur Zen 3 yang brilian, delapan inti, dan kecepatan teoretis 3,2GHz dan 4,4GHz.

Spesifikasi lainnya tidak memberikan kejutan, dengan memori DDR4 dual-channel 16GB dan SSD 512GB yang memberikan kecepatan baca dan tulis 2894MB/s dan 764MB/s. Kecepatan itu tidak bagus, tetapi tidak buruk untuk game sehari-hari – yang lebih memprihatinkan adalah kapasitasnya, yang akan cepat habis jika Anda menginstal beberapa game terkenal.

RTX 3060 berdaya tinggi memainkan Horizon: Zero Dawn pada 77fps dan Borderlands 3 pada 67fps. Kedua skor mengesankan: yang pertama tiga frame di depan 85W RTX 3060 di dalam MSI, dan yang terakhir sepuluh frame lebih cepat.

Anda tidak akan memiliki masalah dengan game di laptop ini. Jika Anda ingin menjalankan game pemain tunggal terbesar pada pengaturan grafis yang paling menuntut, maka Dell akan menanganinya – dan itu akan menjalankannya selama beberapa tahun ke depan, juga dengan dukungan untuk ray tracing dan DLSS. Dan jika Anda ingin memainkan game eSports yang tidak terlalu menuntut pada layar 120Hz maka G15 akan mengatasinya – apakah itu Fortnite, League of Legends atau Rainbow Six, itu tidak akan menjadi masalah sama sekali.

Anda hanya akan mendapatkan lebih banyak kekuatan grafis jika Anda membelanjakan lebih banyak untuk laptop seperti Lenovo, dengan RTX 3070-nya. Mesin itu memainkan Horizon dan Borderlands pada 85fps dan 87fps. Dan peningkatan itu tidak akan membuat perbedaan besar pada kinerja 1080p sekarang, tetapi itu akan memberi Anda lebih banyak ruang kepala untuk masa depan.

Prosesor AMD mengembalikan hasil Geekbench single- dan multi-core 1301 dan 6733, dan mencetak 6278 di PCMark 10. Itu hasil yang layak, tapi bukan yang terbaik yang pernah saya lihat: chip Intel baru di dalam MSI lebih cepat dalam tes single-core Geekbench, dan chip AMD yang sama lebih cepat di semua benchmark di Lenovo.

Prosesor ini masih akan menangani pengeditan foto, tugas video utama, banyak tab browser tanpa masalah, tetapi bagian Intel yang baru lebih baik untuk beban kerja sehari-hari dan chip AMD lebih cepat di tempat lain.

Performa termalnya dapat menjelaskan kecepatan prosesor yang sedikit lamban: selama benchmark beban kerja yang berat, prosesor bekerja melebihi 90°C dan kecepatan semua inti turun menjadi 3,5GHz. Kecepatan turbo all-core-nya sedikit lebih tinggi di atas kertas, sehingga menjelaskan perbedaannya. Dell adalah pemain termal yang lebih baik di departemen lain: panel eksterior tidak pernah panas dan tidak pernah berisik.

Jika model RTX 3060/5800H ini tidak cocok, maka Dell menghasilkan banyak konfigurasi lainnya. Di sisi AMD, Anda dapat memilih mesin dengan CPU Ryzen 5 5600H dan kartu grafis RTX 3050 mulai dari $949 – spesifikasi ideal untuk esports.

Jika Anda menginginkan Intel i7-11800H yang baru, maka tersedia dengan RTX 3060 seharga $1479 dan dengan RTX 3050 Ti seharga $1549. Ada juga laptop Core i5-11400H/RTX 3050 yang mulai dari $929.

Daya tahan baterai

Berlangsung kurang dari dua jam saat bermain game, yang sepenuhnya normal.
Tapi itu berjalan selama lebih dari sembilan jam saat bekerja.

Ini adalah salah satu area di mana Dell G15 Ryzen Edition dengan mudah mengungguli para pesaingnya. G15 bertahan selama 9 jam 50 menit yang luar biasa selama benchmark kerja, yang lebih dari lima jam di luar Lenovo dan berkali-kali lebih baik daripada MSI.

Dalam benchmark video dengan kecerahan layar yang diturunkan, Dell menangani pemutaran 12 jam 36 menit yang sangat besar.

Itu umur panjang yang sensasional untuk notebook dengan tingkat perangkat keras ini, dan itu menambah keserbagunaan – jika Anda ingin menggunakan G15 untuk bekerja maka Anda akan dengan mudah melewati hari kecuali Anda benar-benar mendorong komponennya. Tidak ada saingan yang bisa mengaturnya.

Saat bermain game, Dell bertahan selama 1 jam 48 menit. Skor itu tidak buruk, dan lebih baik dari kedua pesaing, tetapi jauh lebih biasa dan sama sekali tidak mengejutkan untuk laptop gaming. Kecuali Anda senang dengan sesi permainan cepat, Anda ingin tetap terhubung untuk memainkan judul terbaru dengan benar.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang spesifikasi laptop Dell G15 Ryzen Edition yang bisa anda ketahui. Semoga dari ulasan diatas dapat membantu anda untuk mengetahui laptop yang cocok untuk anda gunakan. Terima kasih!

The post Spesifikasi Laptop Dell G15 Ryzen Edition, Simak Selengkapnya! appeared first on Teknovidia.