Spesifikasi Laptop Razer Blade 14, Simak Selengkapnya!

spesifikasi laptop Razer Blade 14

Teknovidia.com Spesifikasi Laptop Razer Blade 14 – Blade 14 adalah notebook gaming andalan terbaru dari Razer. Ini bertujuan untuk menawarkan kinerja yang baik bagi para gamer, dalam faktor bentuk yang tipis dan cukup ringan agar pas untuk digunakan saat bepergian. Razer Blade 14 membuktikan dirinya sangat portabel, dan termasuk perangkat keras terbaik.

Razer membuat beberapa laptop gaming terbaik di dunia, tetapi baru-baru ini menjadi terlalu nyaman dengan faktor bentuk konvensional – jadi saya senang melihat Razer Blade 14 tiba.

Ini adalah ukuran baru untuk Razer, dan membidik titik manis antara mesin kecil 13 inci dan notebook 15,6 inci yang lebih konvensional dan lebih besar. Ini adalah jalan tengah yang menggoda yang menjanjikan banyak kekuatan game di dalam desain yang lebih portabel, dan diharapkan menjadi salah satu pilihan laptop terbaik kami.

Spesifikasi Laptop Razer Blade 14

Berikut merupakan ulasan tentang spesifikasi dari laptop Razer Blade 14 yang bisa anda ketahui.

Desain dan keyboard

Blade mungkin merupakan ukuran baru untuk Razer, tetapi desainnya sangat familiar. Mesin ini dibuat dari aluminium yang digiling CNC dan merupakan Razer klasik: semua logam hitam, dan dengan garis bersih.

Mesin Razer memadukan desainnya yang cantik dengan kualitas build yang meyakinkan. Hampir tidak ada gerakan di pangkalan dan hanya sedikit kelenturan di layar. Ini adalah jenis laptop yang dapat Anda masukkan ke dalam tas tanpa khawatir, meskipun Anda mungkin menginginkan selongsong untuk menghindari lecet dan goresan berdasarkan pengalaman saya mengujinya.

Blade ini memiliki berat 1,78kg dan tebal 16,8mm, sehingga merupakan laptop yang ramping dan ringan. Satu-satunya downside di sini adalah baterai: secara fisik besar dan beratnya 660g. Juga perlu diingat bahwa Asus lebih baik di sini. Pengisi dayanya memiliki berat 1,6kg dan hanya sedikit lebih tebal.

Setiap sisi Blade memiliki port USB 3.2 Gen 2 dan port USB-C yang mendukung pengiriman daya dan output DisplayPort. Dalam spesifikasi laptop Razer Blade 14, Blade juga memiliki output HDMI. Di bagian dalam, konektivitas ditangani oleh dual-band WiFi 6 dan Bluetooth 5.2, dan di atas layar ada webcam yang mendukung Windows Hello. Konektivitasnya bagus, tetapi tidak sempurna: ketergantungan pada AMD berarti tidak ada Thunderbolt, tidak ada pembaca sidik jari, dan tidak ada Ethernet.

Keyboard adalah tarif khas Razer, dan itu bukan hal yang buruk. Tombol-tombolnya tajam, dengan konsistensi dan kenyamanan yang cukup, dan pencahayaan LED RGB per tombol cerah, tajam, dan dapat disesuaikan. Keyboard juga memiliki n-key rollover. Untuk bermain game saat bepergian, ini sangat bagus, dan Anda pasti dapat memainkan game mainstream menggunakan tombol Razer yang cepat dan memuaskan.

Namun, ada kompromi yang tak terhindarkan. Tidak ada papan angka, dan tombol kursor serta beberapa tombol sekunder berukuran kecil. Asus sedikit lebih baik di sini, dengan tombol yang sedikit lebih besar, sedikit lebih banyak perjalanan dan tombol ekstra untuk menangani audio.

Trackpadnya juga bagus – responsif dan cepat, dan sedikit lebih besar dari unit G14. Tetapi jika Anda ingin menikmati permainan apa pun, Anda akan selalu memasang mouse USB.

Layar Razer Blade 14

Blade yang saya ulas memiliki layar IPS 2560 x 1440 dengan kecepatan refresh 165Hz. Itu spesifikasi yang bagus untuk game mainstream berkualitas tinggi. Resolusi tinggi dan layar kecil berarti gamenya tajam, dan kecepatan refreshnya cukup tinggi untuk membuat game pemain tunggal teratas dan game esports mainstream berjalan dengan lancar. Itu tidak memiliki sinkronisasi, tetapi ketidakhadirannya tidak penting.

Anda hanya ingin mencari laptop dengan kecepatan refresh 240Hz atau 360Hz jika Anda berkomitmen untuk memainkan game esports di level tinggi.

Tampilan Blade juga memiliki kualitas yang bagus. Tingkat kecerahan 343 nits cukup baik untuk penggunaan di dalam dan luar ruangan, dan tingkat kontras 1072:1 solid – memberikan kedalaman dan semangat yang cukup. Panel menghasilkan 99,6% dari gamut sRGB pada volume 142%, yang berarti warna memiliki pukulan yang luar biasa, dan Delta E dari 3,02 baik-baik saja – tidak cemerlang, tetapi cukup baik untuk menjaga semuanya tetap akurat. Ini berarti game terlihat cerah, tajam, dan bernuansa di panel ini. Spesifikasi laptop Razer Blade 14 juga lebih baik daripada Asus: layar itu juga tersedia pada 1440p, tetapi memiliki kecepatan refresh yang lebih rendah.

Pembicaranya masuk akal. Saya menemukan mereka memiliki banyak pukulan mengingat ukuran laptop, dan jumlah bass yang mengejutkan. Top-end layak, meskipun mid-range terlalu berlumpur dan tidak jelas. Saya akan merekomendasikan headset untuk suara berkualitas tinggi, tetapi speaker Blade cukup mumpuni untuk penggunaan semi-santai.

Performa

Blade tidak keras, tetapi menjadi terlalu panas dalam situasi tertentu. Ini adalah laptop Razer pertama yang menggunakan prosesor AMD. Ryzen 9 5900HX menerapkan arsitektur Zen 3 yang fantastis, dan memiliki delapan inti di samping basis dan meningkatkan kecepatan 3,3GHz dan 4,6GHz. Dalam ketiga model Blade, memori 16GB dan SSD 1TB menghasilkan kecepatan baca dan tulis cepat 3,569MB/dtk dan 2,790MB/dtk.

Blade ini menggunakan Nvidia GeForce RTX 3070 8GB. Nvidia memungkinkan perusahaan laptop untuk menetapkan batas daya mereka sendiri dengan chip ini, dan di sini 3070 berjalan pada 100W – 25W lebih pendek dari puncak teoritis chip. Batas daya yang sama juga digunakan dalam versi laptop RTX 3060 dan RTX 3080.

Tetap saja, itu tidak terlalu membatasi. Pada resolusi asli layar 1440p, RTX 3070 menghasilkan rata-rata 51fps dan 65fps di Borderlands 3 dan Horizon Zero Dawn. Hasil bagus itu berarti Anda akan dapat memainkan game pemain tunggal teratas dengan framerate yang mulus – dan bereksperimen dengan Ray-Tracing dan DLSS. Dalam Dirt Rally yang lebih mudah, Blade rata-rata 97fps pada 1440p dan 108fps pada 1080p, jadi Anda juga dapat memainkan judul esports dengan kecepatan yang diminta oleh layar 165Hz.

Tidak mengherankan, RTX 3070 secara signifikan lebih cepat daripada RTX 3060 di dalam Asus. Saat menjalankan Borderlands 3 pada 1440p, G14 hanya rata-rata 37fps dan 51fps di Borderlands dan Horizon.

Razer adalah pemain termal yang masuk akal, meskipun memiliki beberapa tepi yang kasar. Dalam permainan, sangat sunyi – suara kipas tidak terlalu berisik dan speaker atau headset akan menangani kebisingan tanpa masalah. Jalankan game yang tidak terlalu menuntut dan itu juga akan mengurangi kebisingan. Bahkan lebih senyap saat prosesor didorong, yang menjadikannya pilihan ideal untuk pekerjaan yang mobile.

Namun, ada masalah panas. Saat menjalankan game yang sulit, logam di atas keyboard terlalu panas untuk disentuh, dan bagian bawahnya juga mudah terbakar. Jika Anda menggunakan Blade di atas meja maka tidak apa-apa, tetapi itu berarti mesin ini tidak cocok untuk digunakan di pangkuan Anda saat bermain game. Untungnya, masalah panas tidak buruk saat bekerja dan tidak muncul di game yang lebih mudah, tetapi perlu diingat.

Daya tahan baterai

Blade mungkin ringan, tetapi memiliki daya tahan baterai laptop gaming yang khas: dalam pengujian game, Blade bertahan selama 1 jam 7 menit, dan itu dengan penurunan kinerja. Tetap terhubung untuk mendapatkan hasil maksimal dari mesin ini saat bermain game.

Blade lebih baik dalam skenario lain. Saat menjalankan tes pekerjaan kantor, Razer bertahan selama 7 jam 6 menit, yang sekitar setengah jam lebih baik daripada Asus dan cukup mudah untuk membuat Anda melampaui makan siang. Blade bahkan bertahan 12 jam selama benchmark video, jadi Anda akan melihat satu hari penggunaan dari laptop ini jika Anda tidak mendorong perangkat kerasnya.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang spesifikasi laptop Razer Blade 14 yang bisa anda ketahui. Semoga dari ulasan diatas dapat membantu anda untuk mengetahui laptop yang cocok untuk anda gunakan. Terima kasih!

The post Spesifikasi Laptop Razer Blade 14, Simak Selengkapnya! appeared first on Teknovidia.