Startup Fintech RI, Finku, menyelesaikan program YCombinator

Startup Fintech asal Indonesia, Finku, menjadi salah satu perusahaan rintisan yang lolos program akselerasi dan mendapatkan pendanaan dari Y Combinator Winter 22 Batch. Diterimanya Finku sebagai salah satu startup yang mendapatkan pendanaan merupakan sebuah prestasi yang membanggakan mengingat ketatnya persaingan pada Y Combinator Winter 22 Batch, di mana dari total 17.000 pendaftar hanya terdapat 414 startup yang diterima. Artinya, program tersebut memiliki tingkat penerimaan sebesar 2%.

Y Combinator merupakan akselerator startup terkuat di dunia yang sejak awal didirikan pada tahun 2005 hingga saat ini telah berhasil meluncurkan dan berinvestasi pada lebih dari 3.000 startup dari berbagai belahan dunia, termasuk Ajaib, Pahamify, BukuWarung, Airbnb, Twitch, dan Reddit, dengan kombinasi valuasi sebesar $400 miliar.

Y Combinator Winter 22 Batch berlangsung selama tiga bulan terhitung sejak bulan Januari hingga Maret. Pada 29 dan 30 Maret 2022 lalu, pendiri Finku telah menyelesaikan Demo Day pada program Y Combinator Winter 22 Batch. Demo Day merupakan acara di mana para pendiri startup yang didanai Y Combinator mempresentasikan perusahaan mereka kepada para audiens yang terdiri dari investor teratas dan pers yang dipilih secara khusus. Presentasi yang disampaikan oleh para pendiri Finku pada Demo Day bulan lalu sekaligus menjadi penanda selesainya keikutsertaan perusahaan tersebut pada program Y Combinator Winter 2022 Batch yang telah berlangsung selama 3 bulan.

Rencana Finku setelah Y Combinator

Finku adalah aplikasi manajemen keuangan pribadi dari Indonesia yang memulai perjalanan sebagai aplikasi tracking pengeluaran dan budgeting secara otomatis, di mana Finku memungkinkan penggunanya untuk memperoleh insights yang dipersonalisasi berdasarkan perilaku pengeluaran mereka.

Diluncurkan pada Oktober 2021, Finku telah berhasil memperoleh lebih dari 250.000 pengguna dalam waktu kurang dari 4 bulan. Pesatnya pertumbuhan pengguna Finku merupakan hasil dari kolaborasi tim yang berorientasi pada kualitas produk. Aplikasi Finku dapat membantu penggunanya melacak semua transaksi mereka baik yang terdapat di bank, e-wallet, maupun akun investasi secara otomatis sehingga dapat membantu pengguna membangun kebiasaan pengelolaan keuangan pribadi dengan mudah. Pengaturan dan pengelolaan budgeting maupun tagihan juga dapat dilakukan secara lebih sederhana. Dengan segala kemudahan yang ditawarkan Finku, rata – rata pengguna aplikasi tersebut telah berhasil menabung sebanyak Rp. 2,1jt lebih banyak dibandingkan sebelum mereka menggunakan aplikasinya.

Perjalanan Finku dalam demokratisasi keuangan di Indonesia masih panjang. Langkah selanjutnya yang akan ditempuh oleh Finku adalah meluaskan cakupannya ke ruang kredit, di mana Finku memposisikan dirinya sebagai “penyedia kredit pertama yang bertanggung jawab di Indonesia” dengan menggabungkan suku bunga rendah dan biaya transparan dengan serangkaian alat keuangan pribadi. Dalam perluasannya ke ruang kredit, Finku memiliki tujuan untuk menyediakan produk kredit yang lancar dan terjangkau bagi orang-orang dari berbagai tingkat keuangan dan kota.