Strategi Pemasaran Digital: Pengertian, Jenis & Manfaatnya

Di era perkembangan teknologi informasi dan komunikasi seperti sekarang ini, setiap kegiatan usaha tidak pernah lepas dari pemasaran digital. Kegiatan ini sangat krusial, karena selain menjadi kunci keberhasilan suatu bisnis, pemasaran digital juga berhubungan langsung dengan kelangsungan bisnis Anda. Namun, proses pemasaran digital tidak bisa dilakukan secara sembarangan, karena dibutuhkan juga strategi yang tepat untuk memastikan hasil yang optimal.

Melalui strategi digital, Anda dapat mengetahui kebutuhan pasar sehingga dapat menghasilkan produk yang memiliki nilai jual tinggi. Hal ini tentu sangat membantu dalam membangun dan mengembangkan usaha Anda kedepannya. Bagi Anda yang belum mengenal apa itu strategi pemasaran digital, maka Anda dapat belajar melalui artikel ini. Kita akan mulai dengan mengenal pengertian strategi pemasaran digital, jenis-jenis, hingga contoh dan manfaatnya bagi usaha Anda.

Pengertian

Sebelum membahas lebih jauh, perlu dipahami apa yang dimaksud dengan strategi pemasaran digital. Strategi pemasaran digital adalah suatu proses usaha dalam mempromosikan sebuah produk atau brand dengan memanfaatkan teknologi digital. Dengan demikian, strategi pemasaran digital sebenarnya berbicara tentang kemampuan sebuah perusahaan dalam mengoptimalkan teknologi digital – khususnya internet – untuk kebutuhan bisnis atau usaha yang mencakup teknik dan praktek sebagai komoditas utamanya.

Baca Juga : Cara Tingkatkan Penjualan Menggunakan Broadcast Whatsap Business API

Jenis-Jenis Strategi Pemasaran Digital

Ada berbagai jenis strategi pemasaran digital yang bisa Anda terapkan. Jika dilakukan dengan tepat, upaya pemasaran digital Anda diharapkan akan membuahkan hasil yang lebih menjanjikan. Untuk itu kami mempunyai beberapa tips terkait jenis-jenis strategi pemasaran digital yang bisa Anda lakukan.

Online Marketing

Mungkin ada beberapa dari Anda beranggapan bahwa online marketing adalah sebuah kegiatan pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan internet. Meskipun tidak sepenuhnya salah, pemahaman tersebut kurang spesifik. Internet yang dimaksud disini adalah berbagai macam kanal digital yang digunakan dan diminati oleh orang-orang, yaitu media sosial, blog, website, e-mail, adwords hingga augmented reality. Dengan online marketing, Anda mampu melacak perilaku konsumen dan apa saja yang sedang dibutuhkan oleh konsumen. Tak hanya itu, online marketing dapat membantu Anda menjangkau pasar yang lebih luas.

Close Range Marketing

Apakah Anda pernah mendengar Close Range Marketing? Close Range Marketing atau yang lebih dikenal dengan CRM merupakan istilah yang digunakan untuk sebuah teknik pemasaran jarak dekat. Close range marketing atau CRM biasanya dilakukan dengan memanfaatkan media nirkabel jarak dekat seperti wifi dan bluetooth. Teknik ini memungkinkan pebisnis untuk terlibat dan berinteraksi secara lebih intens dengan target pasar yang hendak diincar. CRM memiliki cara kerja yang cukup unik, dimana target akan mendapatkan pesan atau notifikasi untuk menerima sebuah iklan. Jika target setuju dan menekan tombol “OK,” maka secara otomatis iklan akan masuk ke perangkat yang mereka gunakan. Meskipun tergolong cukup efektif, sayangnya teknik ini terbatas secara lokasi dan tidak bisa menjangkau area yang luas.

Call To Action Marketing

Call to action marketing – atau sering disingkat dengan CTA – merupakan istilah pemasaran dimana pemasar membuat sebuah ajakan agar audiens melakukan sebuah aksi atau tindakan tertentu sebagai respon secara langsung. Ajakan untuk mengambil tindakan ini biasanya mengacu kepada konten, seperti gambar, tombol, atau teks yang ditempatkan di bagian bawah sebuah konten atau di awal konten sesuai dengan urgensinya.

Email Marketing

Diantara sekian banyak jenis strategi pemasaran digital, email marketing termasuk strategi pemasaran yang banyak dan sering digunakan sehingga tidak jarang disepelekan. Bahkan tak sedikit yang menyebut email sudah ketinggalan zaman. Padahal, email marketing mempunyai potensi yang besar meningkatkan conversion rate.

Baca Juga : Hal Penting yang Dibutuhkan Untuk Meningkatkan Customer Experience

Hasil penelitian menyebut ada lebih dari 34% orang di seluruh dunia menggunakan surat elektronik. Dengan pengiriman email mencapai 196 miliar email perharinya. Terlebih lagi, dari total email tersebut, 109 miliar merupakan email bisnis. Angka ini tentu menunjukkan peluang yang besar untuk melakukan pemasaran melalui email. Bahkan jika dilakukan dengan benar dan konsisten, keberhasilan promosi melalui email marketing bisa memberikan hasil 40% lebih baik dibandingkan dengan upaya marketing melalui sosial media.

Untuk mendukung Anda mencapai target penjualan dengan menjalankan strategi email marketing, ada banyak macam tools yang bisa Anda manfaatkan, seperti MailChimp, Kirim.email, Constant Contact, HubSpot dan masih banyak lagi. Mengingat strategi ini bersifat personal, pastikan Anda telah mendapat izin untuk mengirim email marketing dari pemilik akun email yang menjadi target Anda. Selain terlihat lebih profesional, cara ini juga akan menghindarkan penerima menganggap email marketing dari Anda sebagai email spam.

Augmented Reality Marketing

Pernah mendengar Augmented Reality Marketing? Augmented Reality Marketing atau AR Marketing merupakan istilah teknologi yang digunakan untuk menambahkan atau menggabungkan objek dan informasi yang ada dalam dunia maya ke dunia nyata, baik dalam bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi. Sederhananya, Augmented Reality Marketing adalah penggunaan realita tambahan pada aktivitas marketing guna menciptakan pengalaman yang lebih futuristik dan interaktif.

Selain email marketing, Augmented Reality adalah strategi promosi yang efektif dalam pemasaran di era digital. Contoh paling sederhana dari Augmented Reality Marketing yang mungkin tidak Anda sadari adalah Filter Instagram dan Google Translate. Bagi yang tidak menekuni dunia bisnis, pengaplikasian Augmented Reality yang ada disekitar kita mungkin hanya akan menjadi hiburan semata. Namun tidak bagi para pelaku usaha, Augmented Reality justru dipandang sebagai salah satu jalan terbaik untuk mencapai target penjualan.

Strategi pemasaran melalui realita tambahan sudah banyak diterapkan oleh nama-nama besar di dunia bisnis, seperti Microsoft, Amazon, Apple, Facebook, dan Google. Dengan penerapan Augmented Reality yang sudah berkembang di seluruh dunia, diprediksikan bahwa pada tahun 2023 nanti, akan ada sekitar 2,5 milyar pengguna yang mendukung dan menggunakan teknologi Augmented Reality.

Social Media Marketing

Strategi pemasaran digital yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda. Social Media Marketing sendiri adalah kegiatan pemasaran produk atau proses marketing dengan menggunakan platform sosial media dan situs web. Namun, menurut Hubspot dan Neil Patel, Social Media Marketing sejatinya memiliki makna yang lebih lebih luas, yaitu upaya untuk menarik perhatian orang melalui konten yang disajikan di platform-platform sosial.

Kegiatan pemasaran digital ini melibatkan banyak platform social media, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, LinkedIn, Snapchat, Pinterest, hingga TikTok yang saat ini tengah viral. Selain efektif, Social Media Marketing juga efisien, mengingat ada 160 juta pengguna media sosial di Indonesia yang siap menerima konten dari Anda. Adapun keuntungan yang di dapat dari Social Media Marketing sangatlah banyak, di antaranya adalah meningkatkan brand awareness, memperluas pangsa pasar, dan tentunya memberikan wawasan baru hingga hiburan bagi pengguna media sosial.

Selain 6 jenis strategi pemasaran digital yang sudah kami sebutkan diatas, masih ada beberapa jenis pemasaran digital lain, seperti Cloud Marketing, Search Engine Marketing, Content Marketing, dan Inbound Marketing.

Manfaat Strategi Pemasaran Digital

Menjalankan usaha dengan memanfaatkan strategi pemasaran digital tentu memberi banyak manfaat bagi para pelakunya. Apa sajakah manfaat Strategi Pemasaran Digital? Adapun manfaat yang akan Anda rasakan di antaranya meningkatkan penjualan ditambah dengan jangkauan pasar lebih luas, tertarget, dan lebih efisien. Strategi Pemasaran Digital yang dilakukan dengan tepat bisa menjadi solusi efektif bagi Anda yang ingin menjangkau konsumen tanpa terbatas letak geografis.

Untuk anda yang ingin lebih tahu manfaat strategi pemasaran digital lebih dalam, kami sarankan anda membaca artikel kami disini. Di artikel tersebut juga akan memberikan anda insight bagaimana digital marketing meningkatkan revenue bisnis anda.