Tahu dan Berbagai Manfaatnya Bagi Kesehatan

Siapa yang tidak kenal dengan tahu? Makanan yang satu ini begitu digemari oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang enak, harganya terjangkau, serta mudah untuk didapatkan. Selain itu, makanan berbahan dasar kedelai ini juga cocok untuk diolah kembali menjadi aneka hidangan yang lezat.

Meskipun sering dianggap sebagai makanan sederhana yang murah meriah, tahu rupanya memiliki kandungan nutrisi yang begitu kaya. Melansir dari situs WebMD, setiap 3 ons tahu mengandung 78 kalori, 8,7 gram protein dan 2 gram karbohidrat. Selain itu, makanan ini juga kaya akan vitamin dan sembilan asam amino esensial yang bermanfaat bagi tubuh. Makanan bertekstur lembut ini cocok untuk kita jadikan sebagai sumber protein nabati harian karena memiliki kandungan protein yang tinggi.

Selain memiliki rasa gurih yang lezat, tidak sedikit penelitian membuktikan bahwa tahu juga memiliki berbagai manfaat kesehatan lho! Inilah manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi tahu.

1. Tahu dapat Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Sebuah penelitian pada tahun 2016 menunjukkan bahwa mengonsumsi tahu secara rutin dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular. Selain itu, kandungan isoflavon dalam makanan ini juga terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol “jahat” LDL di dalam tubuh.

2. Tahu Mengandung Antioksidan yang Dapat Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Sebuah studi yang terbit dalam jurnal Advances in Science membuktikan bahwa kandungan genistein pada tahu memiliki sifat antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, penelitian lain juga menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan ini secara rutin dalam jumlah cukup dapat mengurangi risiko terjadinya kanker payudara.

3. Mencegah Terjadinya Osteoporosis

Kandungan isoflavon dalam makanan ini terbukti dapat mencegah terjadinya osteoporosis, khususnya pada wanita yang telah menopause. Makanan yang satu ini juga dapat meningkatkan kepadatan mineral dalam tulang.

4. Meringankan Gejala Menopause

Selain osteoporosis, beberapa riset lainnya juga menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi tahu dapat meringankan gejala lain dari menopause seperti hot flashes. Hot flashes sendiri merupakan kondisi di mana tubuh merasa panas secara tiba-tiba.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan berbahan dasar kedelai dapat mencegah terjadinya kehilangan memori dan kesulitan berpikir pada manula. Produk berbahan kedelai mengandung lesitin yang dapat membantu tubuh memproduksi asam fosfolipid fosfatidat dan fosfatidilserin yang bermanfaat bagi otak.

6. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan isoflavon dalam tahu dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Dengan rutin mengonsumsi makanan ini, kulit dapat terlihat lebih muda dan memiliki kerutan halus yang lebih sedikit.

Penulis: Anggi R. Firdhani

Sumber:

WebMD

Medical News Today