Teknologi Bidang Kesehatan : Perkembangan Dan Manfaat

Teknologi Bidang Kesehatan

Teknovidia.com – Teknologi Bidang Kesehatan , Banyak orang memuji gelombang kemajuan dan perkembangan teknologi sebagai anugerah terbesar umat manusia bagi mereka. Memang, kecanggihan teknologi telah merasuk ke semua lapisan masyarakat kita, tidak terkecuali bidang kesehatan .

Muncul dan berkembangnya teknologi telah merevolusi industri kesehatan dalam banyak hal, dan dalam artikel ini kita akan membahas berbagai aspek tentang bagaimana gelombang modernisasi ini menguntungkan di bidang kesehatan.

Manfaat Teknologi Bidang Kesehatan

teknologi bidang kesehatan

1. Akses mudah ke rekam medis pasien

Pengumpulan data pasien merupakan salah satu aspek terpenting dalam pelayanan kesehatan. Data medis sangat penting bagi dokter untuk menganalisis kondisi dan penyakit pasien serta menemukan kemungkinan pengobatan. Dulu, catatan pasien digunakan untuk mengisi banyak dokumen karena semuanya dilakukan dengan kertas dan pena.

Mengakses catatan sebelumnya tidak praktis. Namun dengan munculnya Teknologi Bidang Kesehatan, digitalisasi, informasi medis pasien dapat dimasukkan ke dalam sistem digital berbasis cloud. Ini memberi para profesional, pasien, dan penggugat medis akses satu tombol yang mudah kapan saja, di mana saja dengan mengklik tombol.

Sistem ini disebut rekam medis elektronik (EMR) atau catatan kesehatan elektronik (EHR). Ini adalah kumpulan informasi kesehatan pasien dan populasi yang disimpan secara elektronik dalam format digital.

Sameer Bhargava, Chief Information Officer dan Chief Technology Officer di Caregiver, Inc., menyoroti efisiensi yang sangat dibutuhkan yang disediakan oleh EHR. Dalam delapan bulan, timnya memigrasikan 8 juta catatan dari kertas ke sistem EHR.

“Beralih ke catatan elektronik meningkatkan ekosistem perawatan kami menjadi proses kohesif yang dapat melayani jaringan layanan kami dengan lebih baik,” kata Bhargava. Dengan demikian, teknologi telah menyederhanakan pengumpulan rekam medis, memungkinkan penyedia untuk mengekstrak informasi pasien dalam hitungan menit.

2. Pengurangan kecelakaan medis

Kesalahan medis semakin menjadi perhatian publik karena terus berulang dan merupakan bagian yang tak terhindarkan dari hasil kinerja manusia. Menurut pejabat resmi Starfield dan Institute of American Medicine (IOM), malpraktik di rumah sakit dan institusi perawatan kesehatan AS adalah penyebab utama kematian ketiga, terhitung sekitar 98.000 kematian per tahun akibat malpraktek di rumah sakit.

Untungnya, Teknologi Bidang Kesehatan telah mendorong pengembangan sistem yang terbukti mengurangi kesalahan medis dan menyelamatkan lebih banyak nyawa.

Sistem Pendukung Keputusan Klinis (CDS) memberikan informasi medis dan spesifik pasien kepada profesional kesehatan. Informasi ini disaring secara wajar dan disajikan kepada profesional kesehatan pada waktu yang tepat untuk meningkatkan pengambilan keputusan penyedia layanan kesehatan.

Kami dapat memberikan standar dan pedoman berbasis bukti. prosedur dan protokol; Aturan dan rekomendasi untuk manajemen dan banyak lagi.

Penelitian yang dilakukan oleh RA. Miller dan rekan menunjukkan bahwa sistem CDS mengurangi kesalahan pengobatan yang serius sebesar 55% dan total kesalahan pengobatan sebesar 83%, menyoroti kekuatan luar biasa dari sistem ini untuk membantu profesional kesehatan dalam membuat diagnosis.

3. Perawatan pasien yang lebih baik

Teknologi Bidang Kesehatan dapat meningkatkan keterlibatan pasien, memberikan wawasan yang membantu membuat rencana kesehatan dan kebugaran yang sangat tertarget dan dipersonalisasi.

Perangkat yang dapat dikenakan seperti gelang kebugaran dan perangkat yang terhubung secara nirkabel lainnya seperti Fitbits memantau tekanan darah dan elektrokardiogram (EKG), memberi pasien dan profesional akses ke informasi yang dipersonalisasi.

Perangkat ini dapat menghitung kalori, memeriksa olahraga, membuat janji temu, menunjukkan perubahan tekanan darah, dan banyak lagi.

Profesional dapat melacak kesehatan pasien dengan lebih efisien, termasuk apakah pasien mematuhi rencana perawatan. Ini sangat cocok untuk pasien lanjut usia dan pasien yang tinggal sendiri, dan segera memberi tahu anggota keluarga atau penyedia layanan kesehatan terkait ketika kelainan terdeteksi.

Dengan demikian, perangkat teknologi ini memastikan bahwa pasien menerima perawatan terbaik, meningkatkan kualitas dan pengalaman perawatan kesehatan untuk semua.

4. Tingkatkan pendidikan pasien

Pendidikan pasien memainkan peran penting dalam perawatan kesehatan, dan profesional menggunakan teknologi untuk membantu menginformasikan dan melibatkan pasien dengan lebih baik.

Menurut survei PatientPoint dan Digital Health Coalition baru-baru ini terhadap 200 dokter AS, lebih dari 75% dokter percaya bahwa pendidikan pasien dan Teknologi Bidang Kesehatan terlibat dapat membantu meningkatkan pengalaman pasien. Selain itu, 95% responden melaporkan bahwa mereka saat ini menggunakan alat teknologi partisipatif untuk mengedukasi dan melibatkan pasien.

Teknologi telah menyediakan perangkat lunak dan aplikasi yang memberikan informasi pendidikan kesehatan yang dipersonalisasi kepada pasien berdasarkan kebutuhan dan kondisi khusus mereka.

Misalnya, portal elektronik pasien adalah aplikasi online aman yang memungkinkan pasien mengakses informasi kesehatan pribadi mereka dan menyediakan komunikasi elektronik dua arah dengan penyedia layanan kesehatan mereka menggunakan komputer atau perangkat seluler.

Satu studi menemukan bahwa teknologi ini meningkatkan kepatuhan pasien terhadap tindakan pencegahan medis, kepatuhan terhadap perawatan medis, dan kesadaran diri serta pengelolaan penyakit.

5. Pengurangan biaya

Mengurangi kesalahan medis secara langsung mengurangi biaya bagi dokter dan pasien. Dengan memanfaatkan teknologi untuk mengurangi kesalahan diagnostik dan resep

Beralih dari kertas ke EMR medis di klinik dapat mengurangi biaya rawat jalan hingga 3%. Ini adalah perkiraan penghematan  pasien. Cloud EMR sebenarnya secara signifikan mengurangi biaya penggunaan kertas dan berbagai kesalahan lainnya.

Akhir Kata

Artikel diatas membahas tentang manfaat dan perkembangan Teknologi Bidang Kesehatan , Semoga artikel ini dapat membantu , Terimakasih .

The post Teknologi Bidang Kesehatan : Perkembangan Dan Manfaat appeared first on Teknovidia.