Tips Membuat Foto Siluet Sunset Atau Sunrise

Idkurir.web.id Apakah anda suka dengan foto dengan latar sunset atau sunrise? Jika anda menyukainya, namun anda belum bisa dengan maksimal mengambil gambar, kali ini saya akan memberikan tips membuat foto siluet dengan benar dan tentunya akan sangat mudah untuk anda terapkan.

Mungkin ini, juga salah satu hal yang sangat saya sukai, karena saya juga sangat menyukai foto-foto siluet. Terlebih jika saya sedang pergi ke pantai atau gunung. Simak ulasannya dibawah yah!

Tips Membuat Foto Siluet (Sunset atau Sunrise)

Beberapa fotografer lebih memilih jenis siluet dalam foto karena foto yang mereka ambil tidak mencerminkan foto secara jelas tetapi hanya mengungkapkan pikiran mereka. Berikut adalah 7 tips untuk membuat gambar yang indah tanpa menunggu matahari terbenam.

Pakai Objek Yang Memiliki Karakter

Hampir semua hal dapat dilakukan dengan siluet, tetapi orang-orang lebih cocok untuk fotografi. Cari hal-hal yang dapat dengan mudah diidentifikasi bahkan dalam warna hitam karena dapat menarik orang ke foto Anda. Jika Anda ingin mengambil gambar yang bagus, yang utama adalah banyak melakukan eksplorasi. Ambil kamera dan gambar segala sesuatu di sekitar Anda.

Trik backlighting

Dengan cara mengarahkan backlight dan membuatnya terlihat hanya hitam, ini akan menciptakan siluet. Jika Anda mengambil foto yang ingin Anda ambil dengan lensa kamera, itu akan menjadi tampilan foto siluet. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika datang ke matahari terbit atau terbenam. Misalnya tinggal di pantai saat matahari terbit sangat ideal untuk stan foto.

Atur Segitiga Exposure

Tips membuat foto siluet ini dapat digunakan sebagai cara untuk membuat siluet dengan benar. Namun beberapa kondisi pencahayaan tidak cocok untuk penggunaan otomatis. Oleh karena itu Anda perlu membuat Segitiga Exposure untuk memberikan efek gelap pada area yang dicakup oleh objek.

Jadi ada pengaturan segitiga horizontal yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan gambar. Namun sebelum mengikuti pengaturan di bawah ini pastikan kamera Anda dalam mode manual hingga Anda melihat huruf M.

Gunakan ISO yang lebih rendah untuk mengurangi noise dan menghasilkan efek ISO yang lebih gelap karena lebih sedikit cahaya yang masuk ke lensa.

Perlahan gunakan aperture yang lebih lebar untuk mendapatkan efek bokeh. Tetapi jika Anda menggunakan lensa dengan aperture kecil Anda akan mendapatkan gambar yang lebih jelas.

Gunakan Shutter Speed untuk mendapatkan kecepatan rana yang lebih cepat untuk efek yang lebih nyata. Ini menurunkan kualitas gambar karena lebih banyak cahaya masuk jika Anda menggunakan kecepatan rana yang lebih rendah.

Pakai Low Angle

Menggunakan sudut rendah atau low angle untuk membuat foto siluet dianggap sangat nyaman karena Anda dapat memposisikan subjek Anda dengan latar belakang yang sangat unik. Untuk pose bisa berlutut di foto seperti penari balet dll.

Jangan Gunakan Flash Kamera

Tempat gelap adalah yang terbaik untuk memotret siluet. Jadi pastikan untuk mematikan lampu kilat kamera. mengapa? Sinar cahaya menerangi objek yang ingin Anda buat sketsanya. Hal ini tentu menjengkelkan dan menyebabkan foto siluet gagal.

Framing

Buat bingkai di depan pemandangan untuk membuat bidikan lebih menarik tetapi mencerahkan latar belakang juga salah satu tips membuat foto siluet. Latar belakang dapat digunakan sebagai langit yang cerah tanpa awan. Tempatkan cahaya terang di belakang objek untuk mengaburkan sumber cahaya. Namun jika Anda tidak menyukai sumber cahaya di belakang objek Anda juga dapat menempatkan sumber cahaya di samping objek.

Focus

Anda tentu ingin objek di foto fokus kan. Dalam hal ini nomor 6 yang pertama menjadi sedikit lebih rumit ketika Anda mendapatkan siluet dengan mengarahkan kamera ke titik paling terang dan kemudian membidik objek. Titik paling terang pertama pada kamera akan difokuskan. Poin Anda dapat menggunakan Strategi 2 untuk menyelesaikan masalah ini.

  • Cara pertama adalah menggunakan pra-fokus sebelum mengukur apakah kamera Anda memiliki fokus manual.
  • Metode kedua menggunakan aperture untuk meningkatkan depth-of-field dan untuk meningkatkan depth-of-field ini menciptakan foreground dan background dalam posisi aperture terkecil.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang tips membuat foto siluet dengan benar dan cepat. Dengan menggunakan tips ini anda akan sangat dimudahkan dalam membuat foto siluet yang bagus. Semoga berhasil yah!

Posting Tips Membuat Foto Siluet Sunset Atau Sunrise ditampilkan lebih awal di ID KURIR.