Tujuh Cara Redakan Sakit Gigi, Patut Kamu Coba!

Sakit hati ataupun sakit gigi merupakan sakit yang sama-sama tidak tertahankan Sobat Greeners! Kadangkala keduanya juga bisa membuat kita susah tidur ataupun susah makan. Cara redakan sakit gigi bisa dengan tujuh cara ini. Sobat Greeners bisa mencobanya di rumah!

Apabila Sobat Greeners merasakan sakit kepala tanpa sebab yang jelas, gusi berdenyut, bengkak pada gusi, atau pendarahan pada gigi atau gusi. Maka Sobat Greeners memiliki masalah gigi yang membutuhkan pengobatan yang tepat.

Pada dasarnya, sakit gigi merupakan rasa sakit yang kita rasakan akibat pulpa atau saraf lunak gigi mengalami iritasi atau terinfeksi oleh bakteri.

Hal ini terjadi karena beberapa faktor, seperti kebersihan gigi yang buruk, gesekan gigi atau trauma gigi lainnya. Berikut beberapa cara tradisional yang bisa Sobat Greeners lakukan di rumah untuk meringankan nyeri sakit gigi yang mengganggu.

1. Kompres dengan Air Es

Kompres menggunakan air es dapat membantu meredakan sakit gigi dan gusi yang membengkak. Praktik ini bisa menyempitkan pembuluh darah dan memperlambat aliran darah ke daerah yang sakit. Sehingga, membantu menghilangkan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan serta peradangan.

Sobat Greeners bisa membungkus es batu dengan kain atau handuk lalu kompres bagian luar pipi yang dekat dengan lokasi gigi yang sakit. Lakukan cara ini selama 20 menit sekali dan mengulanginya setiap beberapa jam.

2. Berkumur Menggunakan Air Garam

Bagi beberapa orang, air garam memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Pada dasarnya, air garam merupakan disinfektan alami yang dapat membantu mengurangi keparahan infeksi dari virus atau bakteri pada gigi dan mulut. Berkumur dengan air garam juga dapat membantu mencegah radang gusi, periodontitis, menyembuhkan luka pada mulut hingga gigi berlubang.

Ketika sakit gigi muncul, Sobat Greeners bisa mencampurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu gunakan sebagai obat kumur beberapa kali.

3. Bawang Putih

Bawang putih telah banyak masyarakat gunakan sebagai salah satu pengobatan tradisional secara turun temurun. Ia mengandung senyawa allicin yang mempunyai sifat antibakteri. Tidak hanya membunuh bakteri yang menyebabkan plak gigi, bawang putih juga bisa meredakan sakit gigi yang kamu rasakan.

Melansir dari Medical News Today, Sobat Greeners bisa menghancurkan satu siung bawang putih, dan mencampurkannya dengan sedikit garam. Lalu, kedua bahan tersebut bisa kamu oleskan ke gigi yang sakit.

4. Akar Kelapa

Selain garam, akar kelapa yang direbus menggunakan air juga bisa kamu manfaatkan sebagai obat kumur. Berkumur dengan akar kelapa dapat menjadi salah satu pengobatan rumahan untuk sakit gigi maupun gigi sensitif. Akar kelapa memiliki beberapa manfaat seperti antijamur, antibakteri, antioksidan, dan meredakan sakit gigi.

5. Minyak Cengkih

Menurut beberapa sumber, minyak cengkih merupakan salah satu pengobatan rumahan alami terbaik untuk sakit gigi, sariawan, dan nyeri gusi. Minyak cengkih dapat mengurangi peradangan, menghilangkan rasa sakit, dan memiliki sifat antimikroba, antijamur, juga sebagai antiseptik.

Terdapat dua cara menggunakan minyak cengkih untuk mengatasi gigi yang sakit. Pertama sebagai obat kumur, Sobat Greeners bisa menuangkan beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam secangkir air dan kumur selama 15 – 20 detik. Cara kedua yakni langsung mengoleskan minyak cengkih kepada titik gigi yang sakit.

6. Teh Peppermint

Seperti cengkeh, peppermint memiliki sifat mati rasa yang dapat meredakan nyeri akibat sakit gigi. Rasa menthol pada rasa dan aroma peppermint, juga masyarakat kenal sebagai antibakteri yang bagus bagi kesehatan mulut.

Selain mengonsumsi teh peppermint, Sobat Greeners juga bisa merasakan manfaat dari minyak peppermint. Untuk meredakan sakit pada gigi, kamu bisa menuangkan beberapa tetes minyak peppermint pada bola kapas. Lalu oleskan atau gigit bola kapas di sela-sela gigi atau gusi yang sakit dan bengkak.

7. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji memilikisifat anti-inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan luka. ia juga mempunyai sifat anti-mikroba yang dapat membantu dalam perawatan mulut.

Untuk menggunakan obat ini, Sobat Greeners dapat mengunyah daun jambu biji segar atau merebus daun jambu biji yang sudah dihancurkan untuk membuat obat kumur.

Meski dapat melakukan beberapa saran di atas untuk meredakan sakit gigi. Penting untuk melakukan konsultasi ke dokter apabila rasa sakitnya tidak bisa hilang selama beberapa hari dan mengganggu aktivitasmu.

Penulis: Zahra Shafira

Sumber:

Pharmeasy

Medical News Today

Healthline