UIN Suska Riau Gesa Akselerasi Kolaborasi dengan Disnakertrans Provinsi Riau

uin-suska.ac.id Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau menggesa akselerasi kolaborasi dengan dinas-dinas yang ada di Provinsi Riau. Selasa (26/04/2022), Wakil Rektor III UIN Suska Riau, Edi Erwan, S.Pt., M.Sc, Ph.D bersama Kepala Biro AAKK, Drs. Yasrizal, MA dan Bagian kerjasama mengunjungi Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau guna menjalin silaturahmi dan membicarakan akselerasi kolaborasi yang bisa dikembangkan kedua belah pihak.


Edi Erwan, S.Pt., M.Sc, Ph.D selaku WR III UIN Suska Riau bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama mengharapkan terjalinnya kerjasama dan kolaborasi yang baik antara UIN Suska Riau dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dibidang pelatihan, sosialisasi, penelitian dan magang. “UIN Suska Riau memiliki delapan Fakultas dan Satu program Pascasarjana dengan jumlah mahasiswa lebih dari 30.000 orang, tentunya hal ini menjadi fokus kita sehingga lulusan UIN Suska Riau mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keahlian mereka,” Ujar Edi Erwan.


Selain itu, Edi Erwan juga memaparkan bahwa UIN Suska Riau telah memiliki enam orang auditor halal dan tenaga pendamping penilaian halal. “Di tahun 2022, di Provinsi Riau ditargetkan 100.000 UMK yang akan disertifikasi, karenanya hal ini perlu kerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi”. Tegas Edi Erwan.

Dr. H. Imron Rosyadi, ST., MH selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau menyambut baik apa yang menjadi niat baik dari UIN Suska Riau. “Untuk lowongan kerja di Provinsi Riau sebetulnya tidaklah sedikit, hanya saja jurusan pelamar kerja yang tidak sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Biasanya jurusan-jurusan yang potensial yaitu jurusan Teknik, Psikologi dan Hukum. Untuk itu kami mendorong perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan sesuai dengan kebutuhan di lapangan,” ujar Imron Rosyadi.


Senada dengan Imron Rosyadi, Eva Ismail selaku Kabid Pelatihan dan Penempatan Kerja Disnakertrans juga menyampaikan bahwa pasar kerja di Riau tidaklah sepi, banyak perusahaan-perusahaan di Provinsi Riau yang membutuhkan pekerja di bidang teknis. “Program magang di perusahaan-perusahaan di bidang teknis juga bisa kita kerjasamakan,” Tegas Eva.
Kegiatan silaturahmi ini akan dilanjutkan dengan kerjasama yang nyata.

The post UIN Suska Riau Gesa Akselerasi Kolaborasi dengan Disnakertrans Provinsi Riau appeared first on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.