Update Broswer Chrome Kalian ke Versi 104! Apa Saja Fitur-Fitur Terbarunya?

foto: The Next web

Setiap hari pengguna gadget dan smartphone mengakses situs internet melalui browser Chrome yang tersedia di gadget masing-masing. Berbagai kebutuhan dan pencarian dilakukan setiap saat oleh pengguna dengan beragam tujuan. Umumnya pengguna menggunakan browser Chrome yang dikeluarkan oleh Google. Browser ini terus mengalami peningkatan performa untuk mengakses situs lebih baik dan lancar lagi. Browser andalan Google ini  baru saja diupdate ke versi 104. Pembaruan ini dikhususkan untuk kamu para pengguna Chrome via desktop, seperti Windows dan Mac. Bukan tanpa alasan browser ini mengalami perubahan. Fitur-fitur terbaru ditambahkan pada versi terbaru Chrome yang akan memudahkan pengguna dalam menggunakannya. Apa saja fitur-fitur terbarunya? Yuk, kita simak artikel di bawah ini!

1. Region Capture

Dalam update terbaru browser Chrome versi 104 ini, fitur terbaru yang ditawarkan bernama Region Capture. Fitur ini berfungsi untuk membagikan tab pada saat harus berbagi layar (share screen) pada kegiatan meeting menggunakan zoom, google meet, dan sejenisnya. Dilansir dari Atsit.com (2022), fitur ini akan langsung memotong bagian yang ingin dibagikan lewat aplikasi tanpa harus menampilkan tab yang lain. Fitur ini menjadi solusi yang cukup baik karena pengguna tidak perlu lagi berulang kali melakukan berbagi layar untuk menyesuaikan tab atau dokumen yang ingin ditampilkan. Dengan demikian, kalian memiliki kendali penuh untuk konten atau tab yang ingin kalian bagikan menggunakan fitur ini.

2. Mode Layar Gelap dan Terang Otomatis

Mode layar saat ini dapat diubah menjadi gelap dan terang sesuai kebutuhan kalian. Apabila kalian membutuhkan mode gelap, kalian bisa mengaktifkannya di fitur mode gelap yang sudah disediakan oleh browser Chrome. Berbeda dengan sebelumnya, di versi terbaru Chrome ini pengguna akan diarahkan secara otomatis untuk perubahan mode layar gelap dan terang. Dilansir dari Emka.web.id (2022), fitur ini akan secara otomatis menyesuaikan dengan waktu kalian membuka browser. Apabila dibuka pada malam hari, mode broswer akan otomatis berubah menjadi gelap dan begitu pula sebaliknya.

3. Web Bluetooth API

API atau Application Programming Interface merupakan komponen yang dapat menghubungkan satu aplikasi dengan aplikasi lainnya. Dikutip dari Winpoin (2022), API ini akan terhubung dengan Permissions Policy di mana pengguna akan dapat berhubungan dengan aplikasi atau perangkat lain melalui bluetooth. Terhubungnya API ini dengan perizinan dari pengguna, membuat Google yakin akan membuat pengguna lebih mudah dan nyaman berkomunikasi tanpa harus khawatir dengan sistem keamanan. Kendati demikian, fitur ini masih menjadi polemik dan perdebatan dengan beberapa pihak terkait keamanan dari fitur ini dan bahayanya bagi pengguna.

4. Konten dengan Layar Penuh 

Perubahan lainnya yang ditawarkan oleh versi terbaru Chrome ini adalah mengizinkan situs web untuk menampilkan konten layar penuh dan jendela pop-up di layar yang terpisah. Fitur ini disediakan oleh Chrome untuk mempermudah pengguna melihat dengan lebih jelas dan juga terfokus dengan suatu situs yang sedang dikunjungi. 

Baca jugaCanggih! Kini Bisa Lihat Organ Dalam Melalui Stiker

Apabila kalian adalah pengguna browser Chrome, kalian disarankan untuk memeriksa nomor versi browser terkini di perangkat kalian dengan melihat di menu pengaturan dan cari bagian “tentang Chrome” Pastikan kalian telah menginstal dan mengaktifkan browser Chrome versi 104.0.5112.81. Namun, kalian tidak perlu khawatir jika kalian lupa untuk menginstal ulang versi terbaru browser ini karena umumnya Chrome akan memperbarui dirinya sendiri ke versi yang terbaru. 

Perubahan dan penambahan fitur terbaru dari browser Chrome ini bertujuan untuk semakin memudahkan pengguna dalam mengakses situs yang dituju. Peningkatan komunikasi juga terus diperbarui agar pengguna dapat berkomunikasi dengan orang lain tanpa khawatir akan diretas dengan tingkat keamanan yang baik. Pembaruan fitur-fitur di setiap versi broswer Chrome tidak selamanya mengubah hal-hal besar seperti yang sudah disebutkan di atas. Umumnya browser ini mengarahkan untuk melakukan perubahan ke versi lebih baik karena perubahan-perubahan kecil yang mungkin kurang dirasakan oleh pengguna. Maka dari itu, segera update browser Chrome kamu ke versi 104 untuk mendapatkan pengalaman yang berbeda dari sebelumnya. Jangan sampai ketinggalan!

Baca jugaTiffany & Co Berinovasi Perhiasan Berbentuk NFT

(LA)