Vivo X80 dan Vivo X80 Pro Rilis di Indonesia, Yuk Intip Harganya!

Vivo resmi memboyong ponsel andalan terbarunya ke Indonesia, yakni Vivo X80 versi “reguler” dan Vivo X80 Pro. Product Manager Vivo Indonesia, Hadie Mandala mengatakan seri Vivo X80 mengutamakan sektor kamera.

“Melalui seri Vivo X80, kami memperkenalkan inovasi terbaru di bidang kamera. Tidak hanya menggambarkan hasil cinematic, tetapi juga memberikan pengalaman baru dalam menangkap setiap momen bermakna Anda hanya dengan satu sentuhan,” papar Hadie, dalam acara peluncuran Vivo X80 series yang ditayangkan secara online di kanal YouTube resmi Vivo Indonesia.

Pada acara tersebut, Vivo memaparkan hasil kerjasamanya dengan Zeiss, salah satu produsen lensa kamera terkemuka di Jerman. Kamera andalan seri Vivo X80 ini menggunakan kaca lensa yang diproduksi oleh Zeiss. 

“Dengan seri Vivo X80, kami bersama tim Vivo telah menciptakan smartphone baru dengan fitur menarik untuk fotografi dan videografi yang lebih profesional,” kata Head of Category Management Consument Product Zeiss Sebastian Döntgen. 

Kedua ponsel ini hadir dengan mengusung desain bingkai melengkung dan bahan casing menggunakan kaca Fluorite AG yang diklaim tidak mudah meninggalkan sidik jari. Untuk lebih jelasnya, berikut spesifikasi Vivo X80 dan Vivo X80 Pro yang “reguler” di Indonesia. 

Spesifikasi Vivo X80 Pro  

Foto: Pocket-lint

Vivo X80 Pro dibekali layar AMOLED LTPO2 dengan diagonal layar 6,78 inci. Resolusi layar yang ditawarkan adalah QHD Plus dan refresh rate dapat diubah secara otomatis dari 1 hingga 120 Hz. Model layar yang digunakan memiliki kemiripan dengan ponsel Android pada umumnya, yaitu modul punch-hole atau kamera hole-punch di bagian tengah atas layar. 

Sementara itu, di bagian belakang, Vivo X80 Pro memiliki empat kamera belakang yang dilapisi kaca lensa Zeiss. Kamera tersebut disusun secara simetris dalam modul persegi. Konfigurasi kamera Vivo X80 Pro mencakup kamera utama 50 MP, kamera ultra wide 8 MP, dan dua lensa telefoto, masing-masing dengan resolusi 12 MP dan 8 MP.  Untuk kamera selfie dengan resolusi 32 MP. 

Beralih ke sektor dapur pacu, Vivo X80 Pro akan ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 yang dikombinasikan dengan chip buatan Vivo, yaitu Vivo V1 Plus. Chip seri ini kemudian akan dipadukan dengan kombinasi RAM dan media penyimpanan 12GB/256GB, pengguna dapat memperbesar kapasitas hingga 4GB dengan “meminjam” kapasitas dari ROM.  Vivo X80 Pro didukung oleh baterai 4.700mAh yang mendukung teknologi Flash charge 80W. 

Kemudian fitur pendukung lain yang ditambahkan ke ponsel ini adalah sistem keamanan perangkat yang dapat membuka kunci layar dalam 0,2 detik. Saat itu, luas area sensor fingerprint juga 11,1 kali lebih besar dari ponsel sejenis Vivo. 

Baca juga : Diblokir Besok, Ini 6 Masalah Krusial Terkait HAM pada Aturan PSE Kominfo


Spesifikasi Vivo X80 

Foto: Vivo

Soal layar, Vivo X80 “reguler” menggunakan panel AMOLED reguler dengan ukuran layar seperti versi “Pro” 6,78 inci. Resolusi layar kemudian menempel pada Full HD Plus dan hanya refresh rate hingga 120Hz. 

Gaya layar yang diterapkan sama dengan Vivo X80 Pro yang memiliki modul punch-hole untuk memuat kamera selfie 32 MP. Untuk sektor fotografi, posisi dan resolusi kamera depan Vivo X80 “reguler” sama dengan versi “Pro”. Namun, ada perbedaan dalam konfigurasi kamera belakang. 

Di bagian belakang ponsel, Vivo X80 “reguler” hanya memiliki tiga kamera belakang termasuk kamera utama 50 MP dengan sensor Sony IMX 866 RGBW, kamera ultra wide 12 MP, dan kamera telefoto 12 MP. 

Dari segi hardware, ponsel ini ditenagai oleh chip MediaTek, Dimensity 9000 series yang diklaim memiliki kecepatan rendering grafis (GPU) lebih tinggi 10% dan efisiensi daya 15% dibandingkan chip generasi sebelumnya. 

Performa chip yang diproduksi oleh MediaTek juga meningkat sebesar 45%. Dengan demikian, konsumsi daya yang dibutuhkan dapat berkurang hingga 40% dibandingkan Density 1200. 

Seperti versi “Pro”, Vivo X80 “reguler” juga akan disandingkan dengan chip Vivo V1 Plus. Chipset ini dipasangkan dengan RAM 12 GB dan memori internal 256 GB. Sama seperti versi “Pro” dari versi “reguler”. Hal ini juga didukung oleh fungsi RAM yang dapat diupgrade hingga 4GB. Vivo X80 “reguler” ditopang oleh baterai 4.500 mAh dan mendukung fast charging 80 watt. Fitur lain dari Vivo X80 adalah dua stereo (dual stereo). 

Harga Vivo X80 dan X80 Pro di Indonesia 

Varian warna yang tersedia untuk seri Vivo X80 memiliki dua pilihan, Cosmic Black dan Urban Blue. Di Indonesia, seri Vivo X80 bisa ditawarkan mulai dari Rp 11 jutaan. Berikut detail harganya: 

  • Harga Vivo X80 RAM 12 GB/256 GB: Rp 11,9 juta 
  • Harga Vivo X80 Pro RAM 12 GB/256 GB: Rp 15,9 juta 

Vivo X80 series sudah bisa dipesan (pre-order) mulai 26-29 Juli 2022 secara online dan offline di gerai rekanan. Seperti biasa, Vivo menawarkan beberapa benefit untuk pembelian secara pre-order.

(aka)